Monday, July 22, 2013

Culinary Spot #4 - Nasi Bancakan, Santapan Sunda Ala Kampung

A week has passed since my last culinary spot review. It means, it's time for the fourth culinary spot. Huraaaay *standing ovation. Ya, kali ini saya akan mereview sebuat tempat makan yang pecah banget dan gaul abis. Nama tempatnya adalah Nasi Bancakan.

Nasi Bancakan Abah (Mang Barna)
Jalan Trunojoyo No.62, Bandung
foto: koleksi pribadi


Nasi Bancakan ini berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 62, Bandung. Letaknya sebelahan dengan Restoran Sambara. Saya tau tempat makan ini dari baca-baca review kuliner blogger yang lain. Saya penasaran dan tertarik, katanya rumah makan ini suasananya beda dari rumah makan di kota pada umumnya. Saya pun pergi ke tempat ini dan ternyata memang tempatnya beda, sunda pisan dan ala kampung banget.

foto: koleksi pribadi

foto: koleksi pribadi


Nasi Bancakan ini berhasil menciptakan suasana kampung dengan dekorasi ruangan yang sangat disesuaikan dengan konsep sunda tempo doeloe. Mulai dari penyajian makanan, hingga detail-detail kecil seperti lesehan, meja kayu, lantai, foto-foto dan gambar, lampu, dan kipas angin. Sayangnya ada satu detail yang kurang, TV-nya udah pake jenis LCD TV, jadi kurang dikit deh masalah detailnya. Tapi, secara keseluruhan sih udah kece banget laah penciptaan suasananya.

foto: koleksi pribadi

foto: koleksi pribadi

foto: koleksi pribadi


Menurut saya, yang unik lagi dalam hal dekorasinya adalah adanya berbagai foto tokoh-tokoh pahlawan Indonesia dan foto Presiden - Wakil Presiden RI yang sedang menjabat tergantung di dinding rumah makan ini. Udah jarang banget kan ada tempat makan yang punya foto pemimpin negaranya. Two thumbs up buat Abah yang cinta tanah air banget.

Selain foto tokoh-tokoh lokal Indonesia, ada juga foto tokoh luar negeri, India lebih tepatnya.
Shah Rukh Khan dan Kajol.
Diam-diam si Abah penggemar Bollywood, haha


Selain itu, alat makan di sini juga jadoel-jadoel semua, gelasnya aja pake gelas seng jaman dulu. Piringnya apa lagi, piring seng yang ada gambar bunganya gitu, antik pisan lah. 

gelas seng
foto: koleksi pribadi


piring seng motif bunga yang baheula pisan
foto: koleksi pribadi


Oh iya, sebenernya, arti dari bancakan itu sendiri apa sih?
Ternyata bancakan itu artinya beramai-ramai, ceritanya sih syukuran atau selamatan yang mengundang tetangga untuk makan-makan bareng secara sederhana gitu. Nih, kalo mau yang lebih pasti, lihat KBBI



Karena memang konsep Nasi Bancakan ini rumah makan ala kampung, dan sesuai dengan namanya 'bancakan', penyajian makanan di sini adalah prasmanan dan swalayan. Jadi, kita ngambil sendiri makanannya dan kalo mau mesen jajanan juga pesen sendiri, ntar baru bayar di kasir deh.

antrian ngambil makanan
foto: koleksi pribadi


Di rumah makan Nasi Bancakan ini menyediakan dua jenis nasi, yaitu Nasi Liwet dan Nasi Daun (nasi liwet yang dibungkus daun). Harganya? Lumayan laah, 5000/porsinya.

dapur nasi liwet
foto: koleksi pribadi


Menu makanan lauk dan sayurnya gimana? Banyak banget, sampe lieur (pusing) sendiri deh milihnya, ada sekitar 20an menu disajikan di sini. Menu makanannya merupakan menu-menu khas sunda dan beberapa menu unik jaman dulu -- yang jarang ditemuin di tempat/warung makan lain -- yang membuat kita terbayang pada suasana kampung. Selain yang saya makan, menu yang saya ingat di antaranya ada sayur asem, sayur lodeh, sambal goreng sunda, semur jengkol, sate paruh, buntil, ikan asin, peda, dan pindang. Sebenernya, masih banyak menu-menu yang lain, tapi karena namanya asing bagi saya, saya jadi lupa deh.

sajian makanan warung nasi bancakan
foto: koleksi pribadi


Nah, ini dia makanan pilihan saya, Nasi Liwet pake Tumis Cumi, Pepes Telor Asin, Sayur Tumis (lupa namanya), Abon Sapi, dan sambal. Harganya Rp 31.000,00. Sebenernya harga rata-rata makanan di sini murah, tapi karena saya pake abon, jadinya mahal deh. Abonnya 10000 rupiah, men T_T Yaudah lah yaa, gapapa, abon kan memang mahal, lagian saya suka banget dan yang penting kan enak :9

Rasanya gimana, Din? Nasi Liwetnya harum dan gurih, nik to the mat alias nikmat deh pokoknya. Saya jadi nyesel nggak ngambil banyak. Kalo Tumis Cuminya, menurut saya, basah dan agak asin, tapi enak sih. Terus, Pepes Telor Asinnya, berhubung saya baru pertama kali makan Pepes Telor Asin, jadi saya belum punya pembanding enak atau nggaknya, tapi kalo kata saya mah biasa aja, santannya terasa banget gitu, jadi rada aneh juga rasanya. Sayur Tumisnya standar, sambalnya pedes, Abon Sapinya seperti abon sapi pada umumnya, enaaaak dan mahal, haha.

Nasi Liwet + Abon Sapi + Tumis Cumi + Pepes Telor Asin + Sayur Tumis (lupa namanya) + Sambal = Rp 31.000,00


Selain makanan berat, di sini juga disediakan berbagai macam minuman dan jajanan tradisional. Minuman di antaranya ada Es Kopi Nyeureung (kopi dibajur susu, soda, dan es), Bandrek, Bajigur, Cincau, dan Es Goyobod. Jajanan tradisionalnya ada Arum Manis, Es Goyang, Kue Balok, dan lain-lain. Serunya, semua jajanan di sini lengkap dengan gerobak dan mamangnya, jadi kesan tradisionalnya dapet banget. 

Otak-Otak
foto: koleksi pribadi

Es Goyobod
foto: koleksi pribadi

Es Goyang
foto: koleksi pribadi

Arum Manis
foto: koleksi pribadi

Lapak Kue Balok dan Sang Mamang
foto: koleksi pribadi


Waktu itu, karena saya penasaran banget sama yang namanya Kue Balok dan karena mamangnya ramah dan baik hati, saya beli 1 porsi kue balok (isi 10) buat dibawa pulang ke kosan. Lumayan, buat camilan atau sarapan besok paginya. Bahan pembuatan kue balok sendiri berasal dari gula, tepung, mentega, dan telur. Bentuk kue balok ini mirip dengan kue pukis, tapi ternyata sebenernya cara pembuatannya beda. Kalo kue pukis kan pake kompor tuh, sedangkan kue balok ini dibuat dengan menggunakan arang. Selain itu, kalo dibandingin rasanya, kue balok ini nggak lebih manis dari kue pukis, tapi sangat mengenyangkan.

Kue balok (isi 10) = Rp 13.000,00
foto: koleksi pribadi


Pelayanan di sini oke banget, petugas-petugasnya sangat baik dalam melayani. Kan saya orangnya agak tulalit ya, jadi saya suka nanya-nanya terus gitu hal-hal nggak penting ke petugas yang lewat, tapi mereka selalu menjawab dengan ramah. Dua jempol lagi deh, kali ini buat pelayanannya. Untuk kebersihan, walaupun ramai dan padat, warung Nasi Bancakan ini tetap terasa sangat nyaman karena bersih dan tertata dengan baik.

Doa dari Abah
foto: koleksi pribadi


Buat yang lagi pengen menikmati suasana oldies dan santapan khas sunda, saya sangat merekomendasikan untuk datang ke Warung Nasi Bancakan ini. Insya Allah, nggak bakal nyesel. At least, bisa ngeliat poster Shah Rukh Kan sama Kajol jaman baheula, hehe. Paling nggak, bisa dapet Doa ti Abah: "Mugia Gusti Alloh Anu Maha Welas Asih maparin ka tamu-tamu simkuring kasehatan, rejeki, sareng paronyo tuangna... Amin" Artinya: "Semoga Allah Yang Maha Penyayang memberikan kepada tamu-tamu kami, kesehatan, rezeki, serta lahap makannya... Aamiin" (CMIIW).

No comments: