Monday, July 8, 2013

Culinary Spot #2 - Sate Maulana Yusuf: Sate Legendaris, Harga Hemat, Rasa Berkualitas

Buat para penggemar kuliner, saya hadir kembali kali ini di culinary spot kedua. Kira-kira tempat makan apa yang akan saya review di postingan ini? Biarpun udah ketahuan dari judulnya, kalian pura-pura nggak tau aja yaaa -___- Petunjuknya adalah makanan yang penyajiannya dengan cara ditusuk. 

ini tusuk konde, nggak mungkin dimakan
sumber gambar: loakanantik.blogspot.com

apa lagi yang ini, tentu saja bukan
sumber gambar: cinemas-de-recherche.org


Hayooo, terus makanan yang tusuk apa dong? Yup, exactly, SATE or SATAY or SATAI. Kali ini saya akan mereview tentang salah satu rumah makan sate legendaris di Bandung, Sate Maulana Yusuf. Sate ini sudah ada sejak tahun 1985. Legend banget kaan. Lokasi Sate Maulana Yusuf cukup mudah dicapai, yaitu di Jalan Maulana Yusuf No.21. Dari Dago, masuk ke Jalan Diponegoro, terus masuk lagi ke Jalan Maulana Yusuf, langsung deh ketemu. Warung satenya tepat berada di seberang GKI Maulana Yusuf. Selain di Jalan Maulana Yusuf, sate ini juga punya cabang di Paskal Hyper Square dan Riau Junction, Bandung.

Warung Sate Maulana Yusuf
foto: koleksi pribadi


Menurut saya, tempatnya cukup nyaman, bersih dan rapi. Untuk kapasitas, Sate Maulana Yusuf ini sepertinya bisa memuat sekitar 70an pelanggan (CMIIW), tempat makannya ada yang outdoor ada juga yang indoor Saat itu, saya pilih yang outdoor soalnya ada cowok ganteng juga yang lagi makan di situ. Haha, nggak deng. Untuk parkir motor ada lahan seperti halaman rumah, di sebelah warung sate, sedangkan mobil parkirnya di pinggir jalan sekitar warung sate ini. 

Di sini menyediakan banyak pilihan makanan, di antaranya Sate Ayam, Sate Kambing, Sate Sapi, Sate Kulit Ayam, Sate Usus Ayam, Sop Buntut Sapi, Soto Ayam Tauco, Gule Kambing, Gado-Gado, dan lain-lain. 

Beberapa menu andalan Sate Maulana Yusuf
foto: koleksi pribadi


Selain itu, di sini juga ada Tahu Pletok dan Tahu Aci yang bisa jadi pilihan camilan saat menunggu makanan utama datang. Saya memesan satu porsi Tahu Pletok seharga 10000 rupiah. Satu porsi Tahu Pletok terdiri dari 5 potong tahu dan kecapnya. Tahu Pletok ini rasanya gurih-gurih kenyal dan agak mirip batagor minus bumbu kacang. 

Tahu Pletok | Rp 10.000,00
foto: koleksi pribadi


Nah, ini dia main course saya. Lontong dan Sate Daging Ayam yang semuanya disajikan terpisah supaya bisa sesuai dengan selera.

Lontong + Sate daging Ayam | Rp 32.500,00
foto: koleksi pribadi


Lontong yang harganya 5000 rupiah/porsi ini memang terlihat sedikit, namun teksturnya yang padat bener-bener bisa bikin kita cukup kenyang. Untuk yang tidak menyukai lontong, tenang aja, soalnya di sini juga menyediakan nasi.

Lontong | Rp 5.000,00
foto: koleksi pribadi


Bumbu Kacang dari Sate Maulana Yusuf ini memiliki tekstur yang tidak begitu halus dan lebih kental dibandingkan bumbu kacang pada umumnya. Kacangnya juga jadi lebih terasa. Ternyata ini dikarenakan, bumbu kacang ini dibuat dengan cara diulek secara manual, bukan dengan blender atau food processor lainnya. Nilai plus nih, buatan tangan langsung biasanya emang lebih yahuud. Oh iya, kalo merasa bumbu kacangnya nggak cukup, boleh minta tambahin ke mas-masnya, gra to the tis, gratis!

Namun, menurut saya bumbu kacangnya not that mutually exclusive. Soalnya juga, saya pernah ngerasain sate yang bumbu kacangnya lebih enak, di kampung halaman saya, Pontianak. Kapan-kapan saya bikin review tentang Kuliner kota saya yang uedaan ajib, yahud, dan gokil deh.

Bumbu Kacang
foto: koleksi pribadi


Cengek -- atau dalam bahasa Indonesia rawit -- dan Acar ini disajikan untuk memperkaya rasa dari bumbu kacang. Kalau mau pedas, ya tinggal tambahin cengeknya ke bumbu kacangnya. Kalau mau tambah gurih, tambahin deh si acar. Racik sendiri supaya bumbunya pas dengan yang diinginkan. 

Cengek dan Acar
foto: koleksi pribadi


Jeng jeng jeng jeng, ini diaaa Sate Daging Ayam. Dagingnya gempal-gempal banget, men! Segede jempol kaki. Baru lihat aja saya langsung kenyang, haha. Pantas aja harganya lumayan mahal dibanding sate-sate kaki lima. Ini nih yang jadi senjatanya Sate Maulana Yusuf sejak dahulu kala. Tentang rasa? Daging ayamnya manis, empuk dan gosongnya pas, jadi dapet banget gurihnya. Puas banget deh makannya. Apalagi kalo dibalur langsung atau dicocol sama bumbu kacang yang udah kita racik. Wow fantastic baby-nya Big Bang banget! Oke, itu agak lebay --"

Sate Daging Ayam | Rp 27.500,00/10 tusuk
foto: koleksi pribadi


Di lahan yang sama juga terdapat gerobak Siomay dan Baso Tahu Bima. Pilihan selain sate yang juga bisa dinikmati.

Siomay & Baso Tahu Bima
foto: koleksi pribadi


Untuk pelayanan, petugas di sini sangat ramah. Walaupun jumlahnya tidak banyak, mereka cukup gesit dalam bekerja, sehingga makanan dapat disajikan di hadapan kita tanpa harus menunggu lama. Saya sempat mengintip ke dapur Sate Maulana Yusuf ini (kebetulan waktu itu saya permisi ke belakang karena mau numpang wudhu buat solat) para 'chef' di sini didominasi oleh ibu-ibu 30-50 tahun. Kondisi dapurnya juga cukup terawat dan boleh dikatakan cukup bersih. Jadi, nggak perlu terlalu khawatir dengan kualitas sajian di sini.

Waktu operasional Sate Maulana Yusuf: 10.00-14.00 dan 16.30-22.00
foto: koleksi pribadi


Tunggu apa lagi, buat yang gemar makan sate dan lagi laper. Pengen sate enak tapi harga cukup terjangkau. Sate Maulana Yusuf bisa jadi salah satu pilihan yang tepat.

NB: Harganya belum termasuk pajak 10%

No comments: